Wednesday, October 25, 2023

GURU DI PEDALAMAN PAPUA BISA DAPAT BEASISWA UNTUK LANJUT S2

 


Alhamdulillah puji syukur yang tak henti kepada ALLAH SWT atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita semua dan tak lupa pula sholawat serta salam kepada baginda Rasulullah SAW. 

    Berawal dari saya memfollow akun instagram @Puslapdik_dikibud dan melihat postingan tentang Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang sedang membuka pendaftaran  dan ditutup pada 15 Juni 2023



    Akhirnya memberanikan diri untuk mendaftar pada skema S2 GTK yang dimana awalnya saya masih merasa bingung dengan tahap selanjutnta, kemudian saya mendownload buku panduan BPI dan membaca dengan cermat segala persyaratan yang dibutuhkan dan memantapkan diri untuk memilih melanjutkan S2 di Universitas Sebelas Maret Surakarta jurusan Teknologi Pendidikan.


     Persiapan berkas seperti ijazah, surat bebas narkoba, surat rekomendasi pimpinan, surat izin, surat bebas tugas, dan dokumen lainnya saya persiapkan sedikit demi sedikit sembari belajar soal TPA untuk tes masuk di UNS. Saat ujian online tiba mengerjakan 120 soal TPA dengan waktu 120 menit juga dan dilanjutkan tes bahasa inggris.


    Alhamdulillah bisa lulus tenpa harus mengulang TPA dan ikut pelatihan bahasa inggris, tetapi masih bingung karena harus membuat esai dan rencana studi sekitar 3 minggu membuat kedua berkas tersebut akhirnya bisa submit pendaftaran 
        Sembari menunggu pengumuman, saya lakukan persiapan wawancara, mencari referensi pertanyaan di Youtube dan bertanya pada teman-teman, tiba pengumuman pada 08 Agustus 2023


Perasaan campur aduk mau mengecek email dan juga tetap optimis


Sayangnya tidak lulus seleksi administrasi, sudah sedih dan pasrah, tetapi diberikan kesempatan 3 hari untuk menyanggah, saya tidak lulus berkas karena status bukan ASN pada sekolah negeri



Akhirnya menyanggah dan sudah dalam keadaan pasrah kalau memang belum lulus serta harus membayar sendiri biaya kuliah, tetapi saat itu masih tetap melakukan persiapa untuk tes wawancara.


    Pengumuman masa sanggah akhirnya keluar dan merasa deg-degan untuk membuka email

    
        Alhamdulillah lulus masa sanggah dan full persiapa untuk tes wawancara, setelah 2 minggu menunggu jadwal wawancara keluar dan dalam proses wawancara saya bersyukur dapat berjalan lancar dan tiga orang pewawancara sangat baik.

        Setelah menunggu 2 minggu tibalah saat pengumuman dan tetap merasa deg-degan untuk membuka email, akhir memutuskan untuk sholat terlebih dahulu lalu buka email sembari berdoa untuk memperoleh hasil yang terbaik dan tetap sabar jika memperoleh hasil yang sebaliknya. 


Alhamdulillah puji syukur kepas ALLAH SWT, saya dapat lulus untuk menjadi penerima beasiswa pendidikan Indonesi kategori GTK tahun 2023, rasanya persiapan 4 bulan ini terbayar lunas dengan hasil yang diharapkan. Semoga saya dapat menjalankan kuliah secara lancar dan tanpa hambatan tahun depan.

Dari cerita ini saya ingin menyampaikan bahwa ketika kita punya mimpi, lakukan hal yang terbaik yang bisa dilakukan untuk menggapai mimpi itu, mungkin memang akan ada kegagalan tetapi jangan menyerah dan coba lagi serta tetap optimis dan tak lupa berdoa kepada Tuhan YME. 

Semoga dengan cerita ini dapat menginspirasi teman-teman pembaca yang ada di luar sana untuk tetap semangat dan optomis dalam menggapai impian dan cita-cita.

Salam dari kota 1.000 papan

0 comments:

Post a Comment

Contact

Talk to me

Blog ini masih dalam tahap pengembangan dan perbaikan terus menerus, apabila teman-teman sekalian ingin berbagi dan berkolaborasi serta jika ada kesalahan saya dalam blog ini, saya siap menerima segala masukan yang membangun.

Alamat:

Jl. Pelabuhan lama, Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan

Waktu Kerja:

Senin - Sabtu jam 9 pagi sampai 5 sore

Nomor Hp:

085396759422