Monday, October 23, 2023

BERBAGI DAN BERKOLABORASI PRAKTIK BAIK PEMBELAJARAN INOVATIF DI SEKOLAH SENDIRI (SMP NEGERI 2 AGATS)

 

    Hari ini senin 23 Oktober 2023, hari ini adalah hari kedua saya melakukan kegiatan berbagi dan berkolaborasi inovasi pembelajaran dengan berbasis TIK di sekolah tempat saya mengajar sendiri yaitu SMP Negeri 2 Agats, semua perangkat yang ingin digunakan dalam kegiatan berbagi praktik baik ini seperti laptop, proyektor, handphone, orbit dan semua peralatan penunjang telah saya persiapkan sebelumnya, karena saya tidak menginginkan adanya kesalahan sedikit pun pada saat pelaksanaan berbagi di hari kedua ini.

    SMP Negeri 2 Agats merupakan salah satu sekolah menengah pertama terbaik di tengah kota Agats yang menjalankan program sekolah penggerak, sekolah ini terletak di jalan Dendew, Syuru, Bis Agats, Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua. Sekolah ini terdapat 23 guru yang aktif dan 4 staff tata usaha yang bertugas di sekolah menengah pertama ini di bawah pimpin kepala sekolah yaitu Bapak Alphibert Hattu, S.P. Namun Pada kegiatan sosialisasi ini hanya diikuti oleh 16 orang guru karena beberapa guru sedang memiliki kegiatan yang juga cukup penting.

    Alhamdulillah, kegiatan berbagi dan berkolaborasi tentang praktik baik pembelajaran hari dapat berjalan dengan sangat baik dan lancar, antusias teman-teman guru untuk mengenal dan belajar menggunakan platform pembelajaran sangat luar biasa, hal ini terbukti karena rata-rata teman guru telah memiliki aplikasi platform pembelajaran inovatif di handphone masing-masing tetapi belum pernah digunakan dan tak lupa pula bapak dan ibu teman-teman guru meminta saya mengajari mereka cara membuat media pembelajaran interaktif sederhana dengan power point setelah mereka menyaksikan media pembelajaran interaktif dari tuhas level 3 pembaTIK saya, hal itu membuat saya semakin bersemangat untuk mengajarkan dan berbagi kepada bapak dan ibu guru lainnya. Saya sangat bersyukur karena semua teman-teman guru yang hadir telah melakukan pelatihan mandiri di PMM dan beberapa guru telah memiliki sertifikat terkait aksi nyata serta beberapa guru juga telah mengupload bukti karya.

     Besar harapan saya kepada semua teman-teman guru yang ada di SMP Negeri 2 Agats dapat menerapkan dan memanfaatkan platform pembelajaran inovatif untuk mendukung proses pembelajaran yang ada di sekolah ini baik secara tatap muka ataupun tatap maya. Semoga apa yang sudah kita pelajari bersama-sama tidak hilang begitu saja tetapi lebih dikembangkan dengan baik demi kemajuan pendidikan yang ada di SMP Negeri 2 kita tercinta kedepannya. 

Tetap semangat untuk selalu mengembangkan kompetensi yang dimiliki

Merdeka Belajar

Asmat..Bisa!


Penyampaian materi berbagi praktik baik pembelajaran






 Daftar hadir peserta

Link dokumentasi:

Link vlog :

0 comments:

Post a Comment

Contact

Talk to me

Blog ini masih dalam tahap pengembangan dan perbaikan terus menerus, apabila teman-teman sekalian ingin berbagi dan berkolaborasi serta jika ada kesalahan saya dalam blog ini, saya siap menerima segala masukan yang membangun.

Alamat:

Jl. Pelabuhan lama, Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan

Waktu Kerja:

Senin - Sabtu jam 9 pagi sampai 5 sore

Nomor Hp:

085396759422