Wednesday, November 3, 2021

Best Combination Among Google Classroom, Portal Rumah Belajar, and Quizizz

    


    Belajar dan pembelajaran adalah konsep yang terkait. Belajar adalah proses perubahan tingkah laku akibat interaksi dengan lingkungan. Perubahan tingkah laku merupakan upaya yang dilakukan secara sadar dengan pengalaman ketika berinteraksi dengan lingkungan. Pola tingkah laku yang berubah dapat dilihat dalam bentuk reaksi dan sikap secara mental dan fisik.

    Keberhasilan belajar peserta didik dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah kondisi dalam proses belajar yang berasal dari dalam diri sendiri, sehingga terjadi peruahan dalam tingkah laku. Ada banyak hal yang termasuk faktor internal, yaitu: kecerdasan, bakat, keterampilan, minat, motivasi, kondisi fisik, dan mental. Faktor eksternal adalah kondisi di luar individu peserta didik yang mempengaruhi belajarnya. Adapun yang ternasuk faktor eksternal adalah; lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat. 

    Menurut hasil kajian S. Nasution, bahwa hingga saat ini terdapat tiga model pembelajaran yang sering dikacaukan dengan pengertian mengajar. Pertama, mengajar adalah menanamkan pengetahuan kepada peserta didik, dengan tujuan agar pengetahuan tersebut dikuasai dengan sebaik-baiknya oleh peserta didik. Mengajar pada tipe pertama ini dianggap berhasil jika peserta didik menguasai pengetahuan yang ditransferkan oleh guru sebanyak-banyaknya. Kedua, mengajar adalah menyampaikan kebudayaan kepada peserta didik. Definisi yang kedua ini pada intinya sama dengan definisi yang pertama yang menekankan pada guru sebagai pihak yang aktif. Ketiga, mengajar adalah suatu aktivitas mengorganisasi atau mengatur lingkungan sebaik-baiknya dan menghubungkannya dengan peserta didik sehingga terjadi proses belajar,.

    Pandemi COVID-19 cukup membuat dunia pendidikan di Indonesia kocar-kacir, bagaimana tidak? segala bentuk pembelajaran yang biasanya dilakukan di sekolah harus beralih ke rumah (PJJ), pemerintah sendiri menganjurkan agar pembelajaran saat ini harus lebih banyak memanfaatkan teknologi dan internet, Sayangnya perkembangan teknologi dan internet yang sangat pesat belum mampu mencakup seluruh pelosok negeri tercinta ini

    SMP Negeri 2 Agats adalah sekolah tempat saya melakukan proses pembelajaran tatap muka setiap hari, saat ini dengan diberlakukannya penyederhanaan kurikulum oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Permendikbud nomor 719 tahun 2019, maka SMP Negeri 2 Agats melakukan pembelajaran daring untuk siswa yang memiliki smartphone dan pembagian materi LKPD untuk siswa yang tidak memiliki smartphone tentunya dengan memperhatikan banyak hal agar pembelajaran lebih efektif dan mengutamakan kesehatan.

    Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu pelajaran yang kurang diminati oleh peserta didik, termasuk siswa-siswi di SMP Negeri 2 Agats, mereka berpendapat bahwa mata pelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang sulit, membosankan, banyak rumus dan hafalan serta perhitungan 

    Media Pembelajaran sederhana dan mudah diakses menjadi salah satu solusi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran daring dan tatap muka terbatas, selain grup Whatsapp yang dapat digunakan dalam pembelajaran, salah satu hal yang saya lakukan adalah membuat pembelajaran sederhana dengan memanfaatkan fitur-fitur rumah belajar yang merupakan portal pembelajaran berbasis teknologi besutan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dapat diakses melalui alamat url Portal Rumah Belajar (kemdikbud.go.id) dan mengkombinasikannya dengan google classroom serta quizizz.

Googel Classroom 

    

    Google classroom (ruang kelas google) adalah suatu aplikasi pembelajaran  secara online yang dapat digunakan secara gratis. Pendidik bisa membuat kelas sendiri dan membagikan kode kelas untuk mengundang para siswanya. Google classroom ini diperuntukan untuk membantu semua ruang lingkup pendidikan siswa untuk menemukan atau mengatasi kesulitan pembelajaran, membagikan pelajaran, dan membuat tugas tanpa harus hadir di kelas. 

    Tujuan utama google classroom adalah untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan siswa google classroom menggabungkan google drive untuk pembuatan dan distribusi penugasan, google docs, sheets, slides untuk penulisan, gmail untuk komunikasi, dan google calendar untuk penjadwalan. Siswa dapat diundang untuk bergabung dengan kelas melalui kode pribadi, atau secara otomatis diimpor dari domain sekolah

    Memakai google classroom sebagai tempat belajar daring tentunya perlu dikombinasikan dengan sumber belajar dan penilaian ujian yang lengkap, salah dua kita dapat mengkombinasikan dengan portal Rumah Belajar yang merupakan sebuah portal besutan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berisikan sumber belajar yang menarik dan interaktif untuk semua jenjang dan semua mata pelajaran yang dapat diterapkan saat pembelajaran daring serta dengan quizizz untuk memberikan assesment kepada siswa dengan mudah.

Quizizz    

    
    Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Kuis interaktif yang dibuat memiliki hingga 4 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan.

  Quizizz dapat memberikan data dan statistik tentang hasil kinerja siswa secara langsung. Quizizz tidak hanya dapat dikerjakan saat pembelajaran di kelas saja, tetapi juga dapat dibuat soal untuk pekerjaan rumah (PR), sehingga dapat dimainkan kapan saja dan dimana saja oleh siswa asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.

        Dengan quizizz, siswa akan merasa ditantang, karena ada skor yang diperoleh dengan menjawab secara cepat dan tepat, kecepatan akan ada skor sendiri. Selain itu akan ada persaingan, karena quizizz langsung membuat ranking yang bersifat live antar peserta quizizz. Menyenangkan karena akan ada suasana musik untuk menyemangati, dan juga meme yang lucu serta menyemangati.


Rumah Belajar



    Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diluncurkan pada tahun 2011 dan dikembangkan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom Kemendikbud), berisi konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik mulai dari Pendidikan Anak Sekolah Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan dengan jargon "Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja" yang berarti dengan portal Rumah Belajar memungkinkan guru dan siswa belajar tanpa batas tempat dan waktu. Rumah belajar dapat diakses melalui tautan https://belajar.kemdikbud.go.id/ atau dapat didownload melalui play store untuk dapat menikmati fitur-fitur menarik dalam portal Rumah Belajar, ada dua jenis fitur pada portal Rumah Belajar yaitu fitur utama dan fitur pendukung. Fitur utama pada Rumah Belajar meliputi; Sumber Belajar, Kelas Maya, Laboratorium Maya, dan Bank Soal. Fitur pendukung meliputi; Buku Sekolah Elektronik, Peta Budaya, Wahaya Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Karya Guru, dan Edu Game.

Pelaksanaan Pembelajaran

     1. Guru mempersiapkan kelas dan berdoa bersama terlebih dahulu
     2. Link absensi dibagikan di google classroom 

       3. Kegiatan literasi selama 5-10 menit sebelum pembelajaran dimulai, bahan literasi dapat diperoleh pada fitur Peta Budaya di portal Rumah Belajar yang dapat di download dan dibagikan kepada peserta didik 

        4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan rumusan masalah 


     5. Dari rumusan masalah siswa dapat membuka serta login pada aplikasi portal rumah belajar atau melalui lamam rumah belajar https://belajar.kemdikbud.go.id/ kemudian mencari fitur sumber belajar lalu mengketik video pembelajaran yang terkait untuk tambahan materi lainnya guru dan siswa dapat mendownload buku pada fitur buku sekolah elektronik.


    6. Setelah peserta didik telah mendapatkan informasi dari materi pembelajaran tadi, diharapkan mereka mampu menyelesaikan permasalah secara mandiri atau berdiskusi dengan teman lainnya, jika ada hala yang kurang dimengerti siswa dapat bertanya pada guru.
    7.  Peserta didik mengumpulkan tugas yang telah diberikan pada link yang kirim di google classroom
    

    8. Dapat dilakukan ice breaking atau permainan game yang mengedukasi pada fitur edu game dari portal Rumah Belajar


    9. Sebagai bahan latihan siswa terkait materi, peserta didik dapat mengerjakan soal-soal pada fitur bank soal yang untuk mengetahui sejauh mana pemahaman materi sebelum ujian/assesment
   10. Guru akan membagikan link assesment dan password pada aplikasi quizizz dan siswa siap mengikuti evaluasi sebagai penilaian pengetahuan,

Demikian langkah-langkah pembelajaran yang dapat dilakukan oleh Bapak/Ibu guru dalam pembelajar digital, mengkombinasikan antara portal Rumah Belajar, google classroom, dan quizizz unuk pembelajaran yang menarik dan menyenangkan 
 
Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja











0 comments:

Post a Comment

Contact

Talk to me

Blog ini masih dalam tahap pengembangan dan perbaikan terus menerus, apabila teman-teman sekalian ingin berbagi dan berkolaborasi serta jika ada kesalahan saya dalam blog ini, saya siap menerima segala masukan yang membangun.

Alamat:

Jl. Pelabuhan lama, Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan

Waktu Kerja:

Senin - Sabtu jam 9 pagi sampai 5 sore

Nomor Hp:

085396759422